P2KIB Unisma Malang Gelar Business Coaching dan Mentoring Pengembangan Ekosistem Bisnis Kewirausahaan

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dengan Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis, merangkap Bidang Pengembangan Usaha (P2KIB-BPU) Universitas Islam Malang. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Business Coaching dan Mentoring

Pembukaan kegiatan dilakukan oleh Kepala Inkubator Bisnis Unisma Dr. Hayat, S. AP., M. Si yang menyampaikan bahwa hasil dari business coaching kerjasama Kemenkop RI dengan P2KIB-BPU adalah terciptanya wujud nyata untuk menumbuhkembangkan semangat dalam menciptakan pengembangan ekosistem kewirausahaan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan Dan Inkubator Bisnis Merangkap Bidang Pengembangan Usaha (P2KIB-BPU) Jeni Susyanti, SE, MM, BKP, CBV sebagai pemateri tentang Pemanfaatan Digital Marketing untuk Pengembangan Usaha Tenan yang ditujukan secara khusus pada tenan inwall maupun outwall P2KIB, mahasiswa UKM Kewirausahaan Goldenpreneur, dan secara umum pada seluruh mahasiswa yang hadir secara daring.

P2KIB-BPU Unisma juga menggandeng para pelaku bisnis dan marketing developer, diantaranya Shofia Aliyatul Himmah (Owner Shofia Florist, Tenan P2KIB Unisma), Saptosunu Sulistyo (Developer Platform P2KIB Shop) dan Yusrizal Helmi, S.S (Developer Platform BIZZ Unisma) acara dimoderatori oleh Ida Puspita, S.H.

Kegiatan Business Coaching dan Mentoring merupakan bagian dari kegiatan asistensi tenan, dengan harapan tenan mendapatkan tambahan pengetahuan untuk menunjang dan mengembangkan kegiatan bisnis.

Dalam pembahasannya, Jeni Susyanti, SE, MM, BKP, CBV juga menjelaskan bahwa di era digital ini tenan atau pelaku usaha dapat memahami Digital Marketing sebagai bentuk pengaplikasian pemasaran sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan dengan optimal, dengan adanya digital marketing diharapkan terwujudnya modernisasi, transparansi dan akuntabilitas. Setiap pelaku usaha harus saling bersinergi dalam mengembangkan perekonomian negara.

Shofia Aliyatulhimma salah satu tenan inbis Unisma sekaligus owner Shofi Florist menyampaikan bahwa di era modern seperti ini sosial media sangat digandrungi oleh masyarakat, selain itu banyak platform gratis yang memfasilitasi entrepreneur dalam memasarkan produknya, jadi pandai-pandainya kita sebagai pemilik produk dalam memasarkan barang melalui digital marketing.

“Dengan membuat tampilan yang menarik pada media sosial dapat menjaring customer untuk membeli. Konsisten dalam memposting dan memberikan feedback kepada konsumen merupakan cara agar tidak menurunkan rating dan menarik customer untuk melakukan repeat order,” jelasnya. (*)

*)Pewarta: Intan Kurnia, S. Ak, P2KIB-BPU Unisma